23 Oktober, 2010

Hamburg Akan Akui Islam Sebagai Agama Rasmi




Alhamdulillah...Satu perkembangan positif Islam di Eropah. Masyarakat Barat semakin menerima kebenaran Islam......AbuAqil
-----------------------------

 Hamburg akan menjadi negara bahagian pertama di Jerman yang mengakui Islam sebagai agama rasmi serta memberikan hak-hak yang sama pada komuniti Muslim seperti komuniti agama lainnya seperti Kristen dan Yahudi

Namun para politisi dan pemimpin muslim di negeri itu mengatakan, proses pengakuan ini tidak semudah yang diperkirakan karena perubahan situasi politik dan agama Islam masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat Hamburg.


Pengakuan resmi terhadap agama Islam, menurut ketua DITB Zekeriya Altug, sangat penting bagi komuniti Muslim di negeri itu. DITB adalah organisasi jaringan masjid Turki-Jerman dan merupakan organisasi muslim terbesar di Jerman.

"Penting bagi kami, ada kesepakatan yang jelas bahawa kami adalah bahagian dari masyarakat di sini," kata Altug.

Anggota Majelis Suro di Hamburg yang juga seorang mualaf, Norbert Mueller memastikan bahwa pengakuan itu sudah di depan mata.

Di Jerman terdapat sekitar 4 juta Muslim dari 82 juta jumlah total penduduk negara itu. Komuniti Muslim di Jerman kebanyakan berasal dari Turki. Sejak lama, komuniti Muslim Turki yang sudah menjadi warga negara Jerman, memperjuangkan persamaan hak sebagai warga negara.

Pemerintah Hamburg--negara bagian kedua terbesar di negera federal Jerman--kini tengah menyiapkan aturan tentang hak dan kewajiban komuniti Muslim jika disepakati Islam diakui sebagai agama resmi. Aturan itu antara lain kewajiban masyarakat untuk lebih dulu berkonsultasi dengan pemerintah setempat jika ingin membangun masjid atau menara masjid. Di sisi lain, sekolah-sekolah di Hamburg boleh mempekerjakan guru-guru muslim dan memberikan mata pelajaran agama Islam pada siswa yang muslim. Saat ini sekolah-sekolah di Hamburg dikelola oleh guru-guru dari gereja Lutheran setempat.

Selain itu, jika "kesepakatan Hamburg" tercapai Komuniti Muslim juga berhak untuk memiliki pemakaman umum sendiri. Sehingga komuniti Muslim dari kalangan imigran tidak perlu memulangkan jenazah ke negara asalnya. Siswa-siswi Muslim juga berhak mendapatkan hari libur pada hari besar agama Islam dan para da'i boleh dipekerjakan di penjara-penjara sebagai pembimbing rohani.

Wacana untuk mengakui Islam sebagai agama rasmi di Hamburg mendapat dukungan kuat dari Walikota Ole von Beust. Tapi sayang, Beust mengundurkan diri dari jabatannya pada bulan Agustus kemarin.

Selain Hamburg, dua negara bahagian Jerman lainnya yang juga sedang mempertimbangkan untuk mengakui Islam sebagai agama rasmi adalah Lower Saxony dan North Rhine-Westphalia. (ln/wb)

0 comments:

Catat Ulasan

Related Posts with Thumbnails
 
Share