21 Julai, 2010

Doa Ketika Mendiami Rumah Baru



Kebiasaannya bila seseorang itu ingin mendiami rumah baru, akan dibuat macam-macam majlis dan keraian dengan mengadakan jamuan sebagai tanda kesyukuran. Ini adalah perkara yang digalakkan dalam agama. namun ramai yang tidak tahu terdapat satu hadis nabi saw yang mengajar kita untuk membacanya bila menuduki sesuatu tempat baru.

Dalam hal ini Rasulullah SAW mengajarkan doa yang singkat namun sangat bermakna:

وعن سَعْدَ بْنَ أَبِي وَقَّاصٍ قال سَمِعْتُ خَوْلَةَ بِنْتَ حَكِيمٍ السُّلَمِيَّةَ تَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ:"مَنْ نَزَلَ مَنْزِلًا ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِك

Dari Sa’ad bin Abi Waqqash radhiallahu ‘anhu berkata: aku mendengar Khaulah bin Hakim Assulamiyyah berkata: aku mendengar Rasulullah SAW berkata: “ Barangsiapa yang singgah disuatu tempat kemudian mengucapkan: Audzubi Kalimatillah Attaammati min syarri maa khalaq ( aku berlindung kepada kalimat Allah yang Sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya) maka tidak ada satupun yang mengganggunya hingga dia beranjak dari tempat tersebut “ ( Imam Muslim)

LAFAZ DOA IALAH :
أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ


Imam Nawawi rahimahullah berkata: Perkataan Rasulullah SAW: (aku berlindung kepada kalimat Allah yang Sempurna) maknanya: Kalimat yang tidak mengandung kekurangan atau cela, atau maknanya: yang bermanfaat dan menyembuhkan, atau makna lain: yang dimaksudkan kalimat disini adalah Al-Qur’an. Wallahu A’lam.

Perkataan beliau SAW : (dari kejahatan ciptaan-Nya) apabila dia mengucapkan doa itu dengan keyakinan yang kuat dan ketundukan yang penuh terhadap yang diberitakan Allah Ta’alaa,  maka ( tidak diganggu oleh suatu apapun) termasuk jin-jin jahat dan makhluk lainnya ( hingga dia berpindah dari tempat itu) yakni dari rumah itu.

Imam Qurtubi rahimahullah berkata: ini berita sahih dan perkataan yang benar kerana sejak saya mendengarnya saya mengamalkannya dan tidak mendapat gangguan apapun, lalu suatu hari saya lupa mengucapkannya ketika masuki rumah,  dimalam harinya saya terkena sengatan binatang berbisa.

Dan doa ini juga termasuk doa pagi petang yang diajarkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana sabdanya:

عن أبي هريرة قال: جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم، فقال: يا رسول الله ما لقيت من عقرب لدغتنى البارحة؟ قال: أما لو قلت حين أمسيت أعوذ بكلمات الله التامات من شر ما خلق لم تضرك" رواه مسلم.
والترمذي وحسنه ولفظه "من قال: حين يمسي ثلاث مرات أعوذ بكلمات الله التامات من شر ما خلق لم يضره حمة تلك الليلة

قال سهيل: وكان أهلنا تعلموها فكانوا يقولونها كل ليلة، فلدغت جارية منهم فلم تجد لها ألماً، و رواه ابن حبان بنحوه و "الحمة" بضم الحاء المهملة وتخفيف الميم..

Dari Abu Hurairah r.a berkata: seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW dan berkata: Ya Rasulullah tidaklah aku bertemu dengan satu pun kalajengking melainkan menyengatku, maka beliau berkata: Adapun kalau kamu mengucapkan diwaktu petang: “Audzubi Kalimatillah Attaammati min syarri maa khalaq” ( aku berlindung kepada kalimat Allah yang Sempurna dari kejahatan yang ciptaan-Nya) maka tidak akan  mengganggumu. ( Imam Muslim).

Dalam riwayat Turmudzi dan dihasankannya dengan lafadz: Barangsiapa mengucapkan diwaktu petang
 sebanyak 3 kali : “Audzubi Kalimatillah Attaammati min syarri maa khalaq” ( aku berlindung kepada kalimat Allah yang Sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya) maka tidak akan   diganggu oleh binatang berbisa malam itu “

Suhail berkata: dahulu keluarga kami mempelajarinya dan mengucapkannya setiap malam, lalu seorang anak perempuan mereka disengat binatang berbisa namun tidak merasa sakit.

Doa diatas sangat singkat dan mudah kita menghafalnya, mudah-mudahan Allah Ta’alaa memberikan taufik-Nya kepada kita untuk mengamalkannya.

Disunting dari Sumber

0 comments:

Catat Ulasan

Related Posts with Thumbnails
 
Share