05 Februari, 2011

Tiga Amalan Harian Muslim Sejati




 Setiap waktu merupakan ladang pahala bagi setiap muslim. Oleh sebab itu, janganlah dilalui setiap detik waktu dengan sia-sia dan merugikan diri sendiri.

Isikanlah masa dengan tiga amalan yang agung di sisi Allah, amalan yang dicintaiNya, amalan yang akan mendekatkan diri kepadaNya, amalan yang akan menenangkan hati walau dimanapun kita berada.
[1] Perbanyak berzikir kepada-Nya

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku pun akan mengingat kamu.” (QS. al-Baqarah: 152).


Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Hai orang-orang yang beriman, ingatlah kepada Allah dengan sebanyak-banyaknya…” (QS. al-Ahzab: 41).

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta dan anak-anak kamu melalaikan kamu dari mengingat Allah.” (QS. al-Munafiqun: 9).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul seraya mengingat Allah, melainkan pasti malaikat akan menaungi mereka, rahmat meliputi mereka, ketenteraman turun kepada mereka, dan Allah akan menyebut-nyebut nama mereka di hadapan malaikat yang di sisi-Nya.” (HR. Muslim)

[2] Tetaplah berdoa kepadaNya

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Rabb kamu berfirman; Berdoalah kepada-Ku nescaya Aku kabulkan. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri sehingga tidak mau beribadah (berdoa) kepada-Ku pasti akan masuk neraka dalam keadaan hina.” (QS. Ghafir: 60).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tiada suatu urusan yang lebih mulia bagi Allah daripada doa.” (HR. al-Hakim).

Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang tidak berdoa kepada Allah subhanah, maka Allah murka kepada dirinya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kita tabaraka wa ta’ala setiap malam yaitu pada sepertiga malam terakhir turun ke langit terendah dan berfirman, ‘Siapakah yang mau berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan, siapakah yang mau meminta kepada-Ku niscaya Aku beri, siapa yang mau meminta ampunan kepada-Ku niscaya Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

[3] Mohon ampunlah kepada-Nya

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Tidaklah Allah akan menyiksa mereka sementara kamu berada di tengah-tengah mereka, dan tidaklah Allah akan menyiksa mereka sedangkan mereka selalu beristighfar/meminta ampunan.” (QS. al-Anfal: 33).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi Allah, sesungguhnya aku setiap hari meminta ampunan dan bertaubat kepada Allah lebih dari tujuh puluh kali.” (HR. Bukhari).

Oleh sebab itu marilah kita isi umur kita dengan zikir, doa, dan taubat kepadaNya. Mudah-mudahan kita termasuk golongan yang dicintaiNya, diampuni olehNya, dan mendapatkan rahmat dari-Nya…

Disunting dari sumber

0 comments:

Catat Ulasan

Related Posts with Thumbnails
 
Share